Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas mendongeng menggunakan metode storytelling dan boneka tangan dalam meningkatkan pengetahuan perilaku prososial pada anak usia dini. Penelitian ini melibatkan 34 subjek yang dibagi ke dalam kelompok perlakuan storytelling dan boneka tangan. Instrumen yang digunakan adalah modul dongeng dan alat ukur perilaku prososial anak usia dini milik Alfiyah & Martani (2015) yang terdiri dari 8 kartu bergambar yang menggambarkan situasi kehidupan prososial sehari-hari anak usia dini. Terdapat dua tipe seri kartu berdasarkan gender. Perlakuan berfokus pada perbedaan metode mendongeng. Hasil dianalisis menggunakan mixed design anova. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas antara metode storytelling dan boneka tangan dalam meningkatkan pengetahuan perilaku prososial (F=7,454; p=0,010; dan effect size 18,9%.). Metode boneka tangan terbukti lebih efektif dalam meingkatkan pengetahuan perilaku prososial dengan menunjukkan nilai mean difference yang lebih besar yakni sebesar 6,706.