Pemaknaan remaja Awal Terhadap Konstruksi Pria Dalam Tayangan Iklan Rokok Gudang Garam Gold Versi Touch Of Gold di Televisi
Daftar Isi:
- Riset ini bertujuan untuk menganalisis hasil pemaknaan remaja awal di Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk terhadap konstruksi pria pada tayangan iklan rokok Gudang Garam Gold versi Touch of Gold di televisi. Pemaknaan yang dimaksud adalah deskripsi remaja awal tentang tokoh pria dalam tayangan iklan rokok tersebut. Aspek-aspek yang dimaknai meliputi karakter (emosi) tokoh pria dalam iklan tersebut, perilaku (cara bersosialisasi) tokoh pria dalam iklan rokok tersebut, perasaan suka terhadap tokoh pria dalam iklan rokok tersebut, perasaan kagum terhadap tokoh pria dalam iklan rokok tersebut, upaya meniru karakter dan perilaku tokoh pria dalam iklan rokok tersebut, kepantasan tokoh pria dalam iklan rokok tersebut untuk merokok, dan brand rokok Gudang Garam Gold. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena pemaknaan remaja awal terhadap konstruksi pria pada tayangan iklan rokok Gudang Garam Gold versi Touch of Gold di televisi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam. Teknik analisis data dilakukan melalui analisis tematik dengan cara mengidentifikasi tema-tema yang terpola dalam suatu fenomena. Berdasarkan hasil riset, maka periset dapat menyimpulkan: 1) Mayoritas informan memaknai bahwa karakter (emosi) tokoh pria dalam iklan rokok tersebut yaitu ia memiliki perasaan yang baik, serta memiliki kepercayaan diri dan pantang menyerah yang tinggi. 2) Mayoritas informan memaknai perilaku (cara bersosialisasi) tokoh pria dalam iklan rokok tersebut yaitu mampu bersosialisasi dengan orang lain, mau membantu orang lain, dan memiliki sopan-santun yang baik. 3) Mayoritas informan menyukai karakter dan perilaku tokoh pria dalam iklan rokok tersebut. 4) Mayoritas informan mengagumi karakter dan perilaku tokoh pria dalam iklan rokok tersebut. 5) Mayoritas informan tidak mau meniru karakter dan perilaku tokoh pria dalam iklan rokok tersebut, karena informan ingin berjuang dengan cara mereka sendiri. 6) Mayoritas informan menyatakan tokoh pria dalam iklan rokok tersebut tidak pantas untuk merokok, karena tidak melihat adegan merokok dalam iklan. 7) Mayoritas informan menyatakan bahwa rokok Gudang Garam Gold memiliki brand yang baik, karena sudah dikenal oleh masyarakat luas.