Perawatan Kecantikan Fisik Pada Perempuan (Analisis Isi Pada Brosur Sebagai Media Iklan Klinik – Klinik Kecantikan Berjaringan Di Kota Malang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai konsep perawatan kecantikan fisik pada perempuan, dan gambaran perempuan yang ditampilkan pada brosur sebagai media iklan yang digunakan klinik – klinik kecantikan berjaringan di kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kandungan informasi dan gambaran model perempuan pada media iklan brosur klinik – klinik kecantikan berjaringa di kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan pendekatan positivistik. Sebagai metode penelitian, analisis isi kuantitatif digunakan untuk menganalisis pesan yang tersurat baik berupa kata, kalimat, serta gambar pada media iklan brosur klinik – klinik kecantikan berjaringan di kota Malang secara valid dan reliabel. Dalam penelitian ini, analisis pesan yang digunakan adalah kandungan informasi mengenai perawatan kecantikan fisik pada perempuan dan gambaran model perempuan yang ditampilkan pada media iklan brosur. Hasil analisis isi pada media iklan brosur klinik – klinik kecantikan berjaringan di kota Malang menunjukkan bahwa kandungan informasi terbesar mengenai perawatan kecantikan fisik pada perempuan adalah informasi mengenai kondisi kulit. Kandungan informasi terbesar kedua adalah penggunaan bahan yang alami dengan didukung penggunaan teknologi yang canggih. Kandungan informasi mengenai perawatan terhadap kondisi rambut dan kondisi tubuh memiliki persentase paling kecil, sehingga kedua jenis perawatan ini bukan menjadi fokus utama perawatan kecantikan pada perempuan. Sedangkan gambaran model perempuan yang ditampilkan pada media iklan brosur berfokus terhadap keadaan kulit yang dimiliki model tersebut. Bahkan beberapa brosur tidak menampilkan gambaran model perempuan.