Excellent Leadership Dalam Public Relation (Studi Deskriptif Kuantitatif Tentang Persepsi Humas Perguruan Tinggi Negeri Malang Dalam Menilai Excellent Leadership Di Bidang Public Relations)
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggambarkan excellent leadership di bidang public relations dalam konteks Indonesia. Tujuan peneliti dalam melakukan penelitian yaitu untuk mengetahui persepsi Humas Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang dalam menilai excellent leadership dalam public relations. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui faktor terpenting yang memengaruhi pembangunan excellent leadership dalam public relations menurut persepsi Humas Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang. Penelitian ini berangkat dari paradigma positivist. Metode penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner kepada 32 anggota Humas Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang yang terdiri dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Politeknik Negeri Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang diolah menggunakan IBM SPSS Statistic v.21. Hasil penelitian menunjukkan dimensi dinamika diri, orientasi etika, membangun hubungan, strategi pengambilan keputusan, dan manajemen pengetahuan komunikasi semuanya dipandang penting dalam excellent leadership di bidang public relations. Faktor terpenting yang memengaruhi pembangunan excellent leadership dalam public relations yaitu: 1) Pengalaman pribadi atau peristiwa dan pendidikan formal (tingkat universitas); 2) Pengalaman on-the-job (dalam bekerja); 3) Kemampuan komunikasi (persuasi, mendengarkan, berbicara di depan umum, dan lain-lain).