Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penyampaian pesan gerakan sosial digital Earth Hour Indonesia pada twitter @EHIndonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis wall twitter akun @EHIndonesia periode waktu 21 Maret 2015 – 27 Maret 2015. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode Analisis Isi kualitatif yang diadaptasi dari Analisis isi milik Klaus H. Kripendorff. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan twitter sebagai media online campaign memiliki pola tertentu dalam menyampaikan pesan. Pola penyampaian pesan ditinjau dari jenis pesan kampanye, bentuk pesan, dan makna pesan yang disampaikan, beserta karakteristiknya. Makna persuasi pesan kampanye dianalisis menggunakan teori Retorika Aristoteles berdasarkan ethos, patos, dan logos-nya. Berdasarkan hal tersebut didapatkan hasil bahwa makna pesan persuasif kampanye lingkungan @EHIndonesia adalah mengajak seluruh audience untuk bergaya hidup ramah lingkungan berdasarkan tindakan yang dapat dilakukan sehari-hari.