Daftar Isi:
  • Interorganizational Relationships (IOR) dapat dimaknai sebagai kegiatan yang berfokus pada kekuatan kerja sama serta tujuan umum yang berkembang diantara beberapa organisasi. Bentuk nyata IOR dapat kita temui dalam kegiatan kolaborasi Dinas Pendidikan Kota Malang dan Radar Malang, yakni Green School Festival 2015. Kajian IOR lebih mudah dijumpai dalam ilmu ekonomi bisnis dan sangat jarang ditemui dalam kajian ilmu komunikasi. Oleh karena itu, penelitian ini akan melihat IOR dalam perspektif ilmu komunikasi yaitu Komunikasi Organisasi yang terjadi dalam kepanitiaan GSF 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Menggunakan bahasan komunikasi organisasi, yakni komunikasi vertikal dan komunikasi horisontal, serta penanganan masalah dalam hubungan antarorganisasi (kepanitiaan GSF 2015). Informan ditentukan menggunakan metode purposive sampling, kemudian diwawancara dengan wawancara semi-terstruktur. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat hubungan kerja sama Dinas Pendidikan Kota Malang dan Radar Malang dalam GSF 2015 berada pada tingkat representative, artinya hubungan yang terjalin bersifat profesional. Komunikasi horisontal antarpanitia terjalin sangat baik dalam berkoordinasi tentang keperluan event. Begitu pula dengan komunikasi vertikal, terjalin dengan baik karena memiliki alur koordinasi yang jelas. Oleh karena itu, penyelesaian masalah dalam GSF 2015 pun dapat diatasi dengan cepat. Secara keseluruhan para informan mengaku bahwa dengan berkolaborasi lebih banyak keuntungan yang didapat bagi organisasi dan pribadi.