Perbedaan Efektifitas Mendongeng Menggunakan Metode Storytelling Dan Bermain Peran Untuk Meningkatkan Pengetahuan Perilaku Prososial Anak Usia Dini

Main Author: Fainsya, DaniarDhara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122469/1/SKRIPSI_DANIAR_125120300111045.pdf
http://repository.ub.ac.id/122469/2/jurnal_skripsi_daniar.pdf
http://repository.ub.ac.id/122469/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan efektivitas antara mendongeng menggunakan metode storytelling dan bermain peran untuk meningkatkan pengetahuan perilaku prososial anak. Penelitian ini melibatkan 34 partisipan yang dibagi dalam dua kelompok, storyteling dan bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan pretest dan posttest. Hasil analisis dilakukan dengan independent sample t test dan menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara mendongeng menggunakan metode storytelling dan bermain peran untuk meningkatkan pengetahuan perilaku prososial anak. Analisis tambahan juga dilakukan menggunakan wilcoxon test untuk mengetahui apakah ada pengaruh pada masing-masing metode untuk meningkatkan pengetahuan perilaku prososial anak usia dini. Hasilnya kedua metode sama-sama memiliki pengaruh untuk meningkatkan pengetahuan perilaku prososial anak usia dini.