Daftar Isi:
  • Persaingan radio di kota Pasuruan yaitu Warna FM, Ramapati FM Dan Suara Pasuruan FM dalam genre musik pop Indonesia terjadi pada jam – jam di malam hari, yaitu dari jam 19.00 hingga tengah malam. Dalam jam tersebut, segmentasi audiens yang dipilih oleh ketiganya adalah segmen anak muda atau remaja. Seperti yang diungkapkan Morissan (2009, h. 16) tingkat kompetisi industri penyiaran akan semakin mendorong terjadinya segmentasi media penyiaran, ini berarti suatu media penyiaran yang baru berdiri, harus benar-benar memilih target audien secara tegas jika tidak ingin kalah bersaing dengan media penyiaran lainnya yang sudah banyak berdiri. Pendekatan Niche dalam penelitian tentang kompetisi antar industri media massa hanya didasarkan pada tiga faktor penunjang kehidupan yaitu capital (struktur permodalan dan pemasukan iklan), content (aspek program dan atau jenis isi media), audience (jenis khalayak sasaran). Konsep Niche inilah yang penulis gunakan untuk menganalisis persaingan media massa khususnya radio di kota Pasuruan. Dimana kini radio bersaing dalam mendapatkan pendengar dengan menyiarkan siaran – siaran yang kreatif dan berbeda dengan radio lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana bagaimanakah tingkat kompetisi dalam menyiarkan musik pop Indonesia di Warna FM, Ramapati FM dan Suara Pasuruan FM jika dilihat dari segi format siaran yaitu waktu penyiaran, bentuk penyajian, jenis musik, dan tema lagu dengan dianalisis menggunakan teori Niche. Jenis penelitian ini bertipe deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi penyiaran untuk frekuensi kemunculan musik pop indonesia di ketiga radio dan wawancara. Setelah dihitung dan dianalisis, diketahui Warna FM, Ramapati FM dan Suara Pasuruan FM memiliki hasil yang berbeda untuk Niche Breadth dan Niche Overlap sehingga Warna FM, Ramapati FM dan Suara Pasuruan FM berkompetisi dalam konten program musik pop Indonesia dilihat dari tema lagu, genre lagu, waktu penyiaran dan volume konten program musik Pop Indonesia.