Store Image dan Pembelian Impulsif (Studi Eksplanatif Tentang Hubungan Store Image Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen pada Hypermart Malang Town Square)
Daftar Isi:
- Dalam sebuah pasar yang kompetitif bagi para pengecer (retailers), diferensiasi antar toko pengecer sangatlah dibutuhkan, diferensiasi toko diperlukan karena cara pandang konsumen yang biasanya lebih memilih untuk membeli dari toko yang berbeda. Maka, hal ini menekankan pengaruh citra toko pada pilihan pelanggan. Salah satu metode diferensiasi tersebut adalah secara aktif mempromosikan citra mereka. Store image atau citra toko adalah kombinasi dari sikap mengevaluasi dan posisi toko yang dianggap oleh pelanggan. Berdasarkan beberapa hasil studi yang sudah ada, ditemukan bahwa salah satu karakter konsumen di Indonesia adalah suka membeli mendadak atau melakukan pembelian impulsif, maka dari itu penelitian ini mencoba mencari hubungan antara store image terhadap pembelian impulsif pada sebuah toko ritel dalam hal ini Hypermart Malang Town Square. Pada penelitian teori stimulus-organism-response (SOR) digunakan untuk mengetahui hubungan kedua variabel dengan dimensi-dimensi store image sebagai stimuli dan pembelian impulsif sebagai respon dari konsumen atas stimulus yang telah diberikan. Pada penelitian ini berbagai data telah dikumpulkan dari berbagai sumber, data primer dari penelitian ini berupa kuesioner yang diberikan kepada 70 responden Hypermart Malang Town Square yang melakukan pembelian impulsif. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan SPSS dan analisis regresi linier. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis, serta uji koefisien korelasi dan determinasi ditemukan bahwa store image mempengaruhi pembelian impulsive konsumen Hypermart Malang Town Square. Hasil dari peneiltian ini dapat digunakan oleh pihak peritel untuk membuat citra dari toko peritel semakin baik dan meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan perilaku konsumen yang membeli secara mendadak atau impulsif.