Strategi Personal Branding Yuli Sumpil Sebagai Dirigen Aremania
Daftar Isi:
- Yuli Sumpil merupakan dirigen Aremania yang memimpin kelompok suporter Aremania untuk mendukung klub Arema. Dengan kredibilitas yang dimilikinya Yuli mampu menggerakan ribuan suporter melalui atraksinya berupa nyanyian yel-yel dan gerakan-gerakan atraktif. Penelitian ini mendeskripsikan strategi personal branding Yuli Sumpil sebagai dirigen Aremania. Pribadi Yuli Sumpil yang tidak memiliki latar belakang maupun pendidikan resmi sebagai konduktor musik maupun pemimpin organisasi menjadi daya tarik penelitian ini karena Yuli Sumpil mampu menjadi seorang dirigen dan pemimpin dari sebuah kelompok besar yaitu Aremania. Jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data dari penelitian ini dengan wawancara dengan subjek penelitian yaitu Yuli dan beberapa informan lainnya yaitu suporter Aremania yang selalu aktif datang langsung ke stadion Kanjuruhan Malang serta orang-orang terdekat Yuli Sumpil yang mengetahui pribadi Yuli Sumpil, penelitian ini juga memiliki data beberapa dokumen terkait berupa jurnal atau penelitian terdahulu. Dalam personal branding Yuli Sumpil terdapat beberapa faktor pembangun yang membentuk persepsi Aremania tentang pribadi Yuli Sumpil, Yuli memiliki konsistensi yang tinggi terhadap tugasnya sebagai dirigen Aremania dengan menghadiri hampir seluruh pertandingan Arema bahkan juga saat Arema bertanding di luar negeri, selain itu penampilan yang berbeda dengan dirigen suporter lain yang ada di Indonesia juga membuat Yuli Sumpil dikenal oleh kelompok suporter sepak bola di Indonesia, bahkan saat Yuli Sumpil hadir di Malaysia saat Arema bertanding melawan Selangor FC kelompok suporter Selangor FC menyambut kedatangan Yuli Sumpil walaupun Yuli Sumpil belum mengenal dan belum pernah bertemu kelompok suporter tersebut. Efektivitas Personal Branding Yuli Sumpil mampu memberikan berbagai efek positif bagi Yuli Sumpil, Arema, dan Aremania