Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Impulse Buying Dengan Kepemilikan Kartu Pembayaran Elektronik Sebagai Variabel Moderasi

Main Author: Juliastuti, AnnisaDwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122440/1/skripsi_fix_print.pdf
http://repository.ub.ac.id/122440/2/jurnal_psikologi.pdf
http://repository.ub.ac.id/122440/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku impulse buying dengan kepemilikan kartu pembayaran elektronik sebagai variabel moderasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengunjung pusat perbelanjaan Surabaya, dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 126 subjek yang diambil dari aplikasi G*Power. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling dimana terpilih tiga pusat perbelanjaan yang digunakan untuk penyebaran skala, yaitu Galaxy mall, Tunjungan Plaza, dan Royal Plaza. Untuk analisis data menggunakan Bootstrap yaitu metode resampling pada uji hipotesis sederhana Hayes. Adapun hasil pertama dari perhitungan statistik menunjukkan bahwa gaya hidup hedonis berpengaruh positif terhadap perilaku impulse buying, dimana semakin tinggi gaya hidup hedonis, maka semakin tinggi pula perilaku impulse buying. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah gaya hidup hedonis, maka semakin rendah pula perilaku impulse buying. Untuk hasil kedua dari perhitungan statistik menunjukkan bahwa kepemilikan kartu pembayaran elektronik tidak memoderasi pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku impulse buying.