Pengaruh Pesan dalam Iklan Televisi Tokopedia “Gadget Elektronik – Chelsea Islan” Terhadap Minat Pembelian Konsumen”

Main Author: Ulhaq, Mizan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122429/1/Skripsi_Mizan_Ulhaq_0911223022.pdf
http://repository.ub.ac.id/122429/1/Jurnal_Skripsi_Mizan_Ulhaq_0911223022.pdf
http://repository.ub.ac.id/122429/
Daftar Isi:
  • Data Nielsen Advertising Information Services menyebutkan, belanja iklan televisi (TV) dan media cetak tumbuh 7% sepanjang 2015, hingga mencapai angka Rp 118 triliun. Data belanja iklan televisi tahun 2015 dalam situs Nielsen menjelaskan, iklan layanan online (E-Commerce) berkembang sangat pesat mencapai 44% sebesar Rp 3,45 triliun total belanja iklan televisi ketegori E-Commerce (Nielsen.com). Penulis tertarik melakukan penelitian pada iklan televisi Tokopedia “Gadget Elektronik-Chelsea Islan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesan dalam iklan televisi Tokopedia “Gadget Elektronik-Chelsea Islan” terhadap minat pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Elaboration Likelihood Model yang menjelaskan bahwa dalam pemrosesan pesan persuasi, individu menggunakan dua rute yang berbeda, yaitu rute sentral dan rute periferal. Rute sentral adalah keadaan dimana seseorang berpikir secara kritis, sementara ketiadaan berpikir secara kritis terjadi pada rute periferal (Little John dan Foss, 2009 h.108). Dalam penelitian ini kedua rute dalam Elaboration Likelihhod Model digunakan untuk menganalisis pesan dalam iklan televisi Tokopedia “Gadget Elektronik- Chelsea Islan, yang terdiri dari isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3) dan sumber pesan (X4) (Kotler, 2006) terhadap minat pembelian (Y). Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatif kuantitatif, pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner offline dan online yang terkumpul sebanyak 126 responden. Data di analisis dengan menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua variabel pesan dalam iklan televisi Tokopedia “Gadget Elektronik-Chelsea Islan” yang mempengaruhi minat pembelian yaitu variabel isi pesan (X1) yang terdiri dari daya tarik rasional (rute sentral). Spanberg (Sher dan Lee,2009) menjelaskan proses berfikir melalui rute sentral menyebutnya dengan istilah Highly Skeptical dimana seseorang menggunakan faktor intrinsik berdasarkan keyakinan untuk mengevaluasi informasi seperti argumen yang terkandung dalam pesan. Daya tarik emosional dan juga variabel sumber pesan (X4) pada rute periferal, Spanberg (Sher dan Lee,2009) menyebutnya dengan Low Skeptical dimana sesorang lebih rentan terbujuk dengan pesan mengandalkan isyarat sederhana seperti daya tarik endorser. Variabel pesan dalam iklan televisi Tokopedia“Gadget Elektronik-Chelsea Islan” berkontribusi sebesar 64,2% terhadap minat pembelian konsumen.