Daftar Isi:
  • Brand positioning dipergunakan untuk menekankan karakteristik unik dari sebuah produk yang menjadi pembeda dengan pesaingnya yang dapat menarik minat publik. Salah satu fenomena komunikasi yang bertujuan untuk mengetahui serta mencapai brand positioning sehingga mampu mengantarkan Batik Satrio Manah sebagai produk unggulan di Kabupaten Tulungagung. Penelitian yang bersifat deskriptif digunakan untuk menggambarkan tentang karakteristik/ciri individu, situasi atau kelompok tertentu. Penelitian deskriptif dapat meneliti hanya pada satu variabel dan termasuk penelitian mengenai gejala atau hubungan antara dua gejala atau lebih. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta yang ditemukan melalui hasil wawancara dalam penelitian tentang brand positioning sentra batik Satrio Manah desa Bangoan sebagai produk unggulan di Kabupaten Tulungagung. Sentra batik Satrio Manah menggunakan be creative untuk mengkomunikasikan brand positioningnya kepada masyarakat, dimana dengan cara yang kreatif mampu mencuri perhatian konsumen. Kesimpulannya dengan menetapkan segmentasi pasar terlebih dahulu serta menerapkan positioning berdasarkan atribut, positioning berdasarkan harga, positioning berdasarkan penggunaan maka batik Satrio Manah telah menunjukkan kepada masyarakat berada di posisi sebagai brand yang sudah mempunyai tempat tersendiri di benak konsumennya.