Marketing Politik Pasangan Emil Elestianto Dardak dan Mochamad Nur Arifin dalam Pemenangan Pemilihan Umum Kepala Daerah Langsung Serentak ( Studi pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Langsung Kabupaten T
Main Author: | Afrista, RetaDia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122387/1/ISI_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/122387/2/LAMPIRAN_NAMA_TIM_KAMPANYE.pdf http://repository.ub.ac.id/122387/2/DAFTAR_ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/122387/2/Lampiran_lengkap.pdf http://repository.ub.ac.id/122387/3/JURNAL.pdf http://repository.ub.ac.id/122387/4/COVER_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/122387/ |
Daftar Isi:
- .Trenggalek merupakan salah satu Kabupaten yang mengikuti pilkada serentak pada tahap pertama yang dilaksanakan di Indonesia. Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Trenggalek tahun 2015 dimenangkan oleh pasangan Emil Elestianto Dardak dan Mochamad Nur Arifin. Pasangan ini masih berusia muda dan notabenenya tidak memiliki latar belakang dalam berpolitik, tetapi lebih memiliki pengalaman di bidang birokrasi dan seorang pengusaha muda namun pasangan ini mampu mengalahkan calon incumbent. Kemenangan Emil-Ipin dilihat melalui teori marketing politik Niffennegger. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa marketing politik yang telah dilakukan dalam pemenangan pasangan Emil Elestianto Dardak dan Mochamad Nur Arifin yaitu pembentukan figure dan program-program kampanye yang kompleks mencangkup dari penentuan produk politik, promotion, price, place dan segmentasi pemilih. Penentuan produk kandidat dilihat dari visi-misi dan program prioritas yang ditawarkan kepada masyarakat bagus sehingga sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Trenggalek. Pasangan calon melakukan promotion kampanyenya melalui media cetak, media elektronik dan debat publik , karena melalui debat publik dianggap dapat mempengaruhi dalam penentuan pemberian suara. Dilihat dari pricenya pasangan calon ini memiliki citra yang positif dimasyarakat karena melihat dari latar belakang keduanya yang istimewa sehingga persepsi masyarakat pasangan calon mempunyai potensi membawa perubahan untuk kemajuan Trenggalek. Pasangan calon juga sering terjun ke lapangan untuk berkunjung ke daerah-daerah guna melakukan pendekatan kepada masyarakat sehingga masyarakat menganggap pasangan calon sebagai calon pemimpin daerah yang dekat dengan masyarakat. Segmen inti yang disasar kandidat yaitu anak muda, petani dan ibu-ibu karena ketiga segmen ini dianggap segmen yang paling efektif dalam penyampaian pesan politik. Dalam hal ini, peran marketing politik telah membantu pasangan Emil dan Ipin dalam pemenangan pemilihan umum Kepala Daerah Kabupaten Trenggalek Tahun 2015.