Self-Presentation Pada Pengguna Instagram Ditinjau Dari Trait Openness To Experience Model Kepribadian Big Five

Main Author: Pratiwi, DindaKinanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122368/1/dinda_k_p_125120300111077.pdf
http://repository.ub.ac.id/122368/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran trait openness to experience terhadap self-presentation di Instagram. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self-presentation berdasarkan teori self-presentation (Paulhus & Trapnell, 2008) sebanyak 19 aitem untuk mengukur self-presentation di Instagram dan skala BFI (Big Five Inventory) yang telah diadaptasi menjadi Bahasa Indonesia (Ramdhani, 2012) sebanyak 43 aitem. yang digunakan untuk mengukur trait openness to experience. Skala ini disebarkan melalui media online. Partisipan (N = 269) mengenai self-presentation merupakan pengguna Instagram yang berusia 18-26 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat peran trait openness to experience terhadap self-presentation di Instagram.