Gaya Kepemimpinan Gubernur Jawa Timur Periode 2014-2019 Dalam Mendorong Inovasi Di Bidang Pelayanan Publik
Main Author: | Utami, DeaPutri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122355/1/JURNAL_SKRIPSI_DEA_PUTRI_UTAMI_125120607111009.pdf http://repository.ub.ac.id/122355/2/SKRIPSI_DEA_PUTRI_UTAMI_125120607111009.pdf http://repository.ub.ac.id/122355/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya capaian peningkatan pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat perlu diperhatikan. Upaya yang perlu dilakukan adalah peningkatan kualitas pelayanan publik dengan menciptakan inovasi pelayanan publik Upaya yang dilakukan tidak lepas dari peranan pemimpin. Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam masa kepemimpinan Soekarwo banyak terjadi perubahan serta prestasi yang di raih. Praktik inovasi diterapkan Provinsi Jawa Timur dalam bidang pelayanan publik merupakan sebuah langkah dalam upaya peningkatan pelayanan publik yang memeberikan manfaat kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menganalisis faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Gubernur Jawa Timur periode 2014-2019 dalam mendorong inovasi dibidang pelayanan publik yang dipertajam dengan teori kepemimpinan transaksional dan transformasional menurut Bass. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed methods. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kantor Gubernur Jawa Timur, Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, dan Dinas Ketenagakerjaan, Transmigrasi, dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Gubernur Jawa Timur periode 2014-2019 menerapkan gaya kepemimpinan transformasional yang dipengaruhi oleh keefektifan, motivasi inspirasional, serta rangsangan intelek.