Komodifikasi Kesenian Singo Budhoyo (Studi Deskriptif Komodifikasi Kesenian Singo Budhoyo Dalam Festival Kampung Cempluk Dusun Sumberjo Desa Kalisongo Kecamatan Dau Kabupaten Malang)

Main Author: Ilmizana, Aqim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122335/1/Aqim_Ilmizana_Komodifikasi_Kesenian_Singo_Budhoyo.pdf
http://repository.ub.ac.id/122335/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas proses komodifikasi kesenian Singo Budhoyo yang ada di Festival Kampung Cempluk Dusun Sumberjo Desa Kalisongo Kecamatan Dau Kabupaten Malang sehubungan dengan pembentukan festival oleh penggagas. Masyarakat Dusun Sumberjo memiliki kegiatan tahunan berupa Festival Kampung Cempluk yang diisi dengan kesenian-kesenian dari masyarakat setempat dan beberapa seniman dari luar daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah mencoba menganalisis proses penggagas Festival Kampung Cempluk membentuk ide festival serta mengetahui proses pengkomodifikasian kesenian Singo Budhoyo seiring dengan produksi ide tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk menjelaskan proses komodifikasi kesenian Singo Budhoyo dalam Festival Kampung Cempluk. Sehingga dapat dilihat dalam festival siapa saja pihak yang berperan dalam proses komodifikasi kesenian Singo Budhoyo. Sedangkan pisau analisisnya adalah dengan menggunakan konsep komodifikasi yang dikemukakan oleh Norman Fairclough. Dalam konsep ini Fairclough mengenalkan tiga konsep turunan yang membentuk komodifikasi yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Dengan konsep Norman Fairclough tentang komodifikasi tersebut dijelaskan bahwa Festival Kampung Cempluk merupakan hal yang memuat komoditas kesenian-kesenian di dalamnya. Dalam proses komodifikasi itu, kesenian Singo Budhoyo yang merupakan representasi dari Festival Kampung Cempluk menjadi produk utama dalam pengkomodifikasian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan proses komodifikasi kesenian Singo Budhoyo dalam Festival Kampung Cempluk dimulai dengan pembentukan ide oleh penggagas yang direalisasikan dalam bentuk produk komoditas dengan adanya distribusi pada kesenian yang menjadi representasi festival yaitu kesenian Singo Budhoyo. Sebagai perwakilan Festival Kampung Cempluk pada setiap kegiatan di luar secara tidak langsung kesenian Singo Budhoyo mendistribusikan pengetahuan tentang Festival Kampung Cempluk dikarenakan label representasi tersebut.