Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengaduan Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Komisi Pelayanan Publik Provinsi Jawa Timur Tahun 2015

Main Author: Rafik, Niematullah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122304/1/SKRIPSI_NIEMATULLAH_RAFIK.pdf
http://repository.ub.ac.id/122304/
Daftar Isi:
  • Masyarakat Jawa Timur masih mengalami permasalahan terhadap pelayanan publik. Mereka masih mengalami prosedur yang berbelit-belit. Terbukti dengan mereka harus mendatangi berbagai birokrasi terlebih dahulu untuk melakukan pelayanan publik. Ini terjadi karena masih adanya kesenjangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Dampak dari permasalahan tersebut maka akan muncul asumsi permasalahan baru yaitu adanya praktek KKN dari penyelenggaraan pelayanan publik tersebut. Prinsip yang diinginkan oleh masyarakat adalah kesederhanaan terhadap prosedur dalam pelayanan publik. Opini masyarakat yang satu dengan yang lain pasti berbeda terhadap penyelenggaraan pelayanan publik oleh instansi pemerintahan. Begitupun dengan mengukur kepuasan masyarakat, mereka sudah merasa puas dengan ukurannya masing-masing. Pada skripsi ini peneliti menggunakan teori pelayanan publik dan konsep kualitas layanan dengan 6 dimensi serta konsep kepuasan masyarakat dengan 4 dimensi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sudah melakukan pengaduan di KPP Jawa Timur selama bulan Januari sampai dengan Agustus Tahun 2015 sebanyak 53 respomden dari 111 responden yang mengadu dengan tingkat kepercayaan 90%. Hasil dari penelitian ini adalah tidak berpengaruh signifikan antara kualitas pelayanan pengaduan dengan kepuasan masyarakat dengan hasil uji R presentase pengaruh anata X terhadap Y 29,75. Kesimpulan dari skripsi ini yaitu tolak H1 (kualitas pelayanan pengaduan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat) dan terima H0 (kualitas pelayanan pengaduan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat).