Daftar Isi:
  • Penelitian dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dan dunia komunikasi pemasaran yang begitu pesat berkembang di Indonesia. Kemajuan tersebut didukung oleh tingginya kebutuhan komsumsi masyarakat di berbagai bidang, termasuk bidang transportasi massa. Salah satu perusahaan penyedia layanan transportasi massa dengan mengandalkan kemajuan teknologi komunikasi pemasaran adalah PT. Gojek Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penerapan Gojek App dalam e-commerce sebagai proses komunikasi pemasaran terhadap pembentukan brand image PT. Gojek Indonesia (Gojek). Penerapan e-commerce dalam penelitian ini dilihat dari penggunaan aplikasi Gojek App sebagai media e-commerce miliki Gojek. Gojek App sebagai variabel independen dengan dimensinya yaitu kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan. Sedangkan brand image sebagai variabel dependen mempunyai factor-faktor pembentuk yaitu atribut, manfaat, dan evaluasi keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Variabel tersebut diuji secara simultan untuk melihat ada tidaknya pengaruh keseluruhan antara variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian dilakukan di Jakarta dan sekitarnya sebagai kota pelopor Gojek dengan metode survei. Sasaran penelitian,konsumen Gojek area mobilisasi JaDeTaBek dengan minimal pemesanan 3x melalui aplikasi Gojek App. Jumlah populasi tidak diketahui secara pasti karena terus bertambah dan berkurang sepanjang waktu, oleh karena itu pengambilan sampel menggunakan pendapat Roscoe yaitu sebanyak 100 responden dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perspektif komunikasi,keberhasilan penerapan e-commerce terjadi secara sistematis dimana kualitas sistem merupakan hal utama yang mempengaruhi kualitas informasi dan layanan. Dari hasil uji regresi didapatkan adanya efektivitas dari penerapan Gojek App terhadap brand image Gojek sebesar 30,7%. Sedangkan sisanya merupakan pengaruh dari variabel lainnya yang tidak diamati.