Citra Perguruan Tinggi Kota Malang di Media Massa” (Studi Analisis isi kuantitatif deskriptif dalam kecenderungan pemberitaan Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang pada koran haria

Main Author: Prativi, AmeliaYuhana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122263/1/skripsi_pdf.pdf
http://repository.ub.ac.id/122263/2/jurnal.pdf
http://repository.ub.ac.id/122263/
Daftar Isi:
  • Media massa dalam masyarakat informasi memiliki peranan yang sangat penting. Media massa mempunyai peranan yang penting dalam penyebaran informasi atau berita kepada masyarakat juga kepada pemerintah dan dalam pementukan pendapat umum. Dari konteks di atas dapat diketahui bahwa media mampu mendorong dan mempengaruhi opini publik dan mengubah reputasi suatu lembaga. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan diatas, maka pokok yang menjadi objek penelitian ini adalah menganalisis mengenai bagaimana media Radar Malang dan Malang Post mencitrakan Universitas Brawijaya dan Universits Muhammdiyah Malang melalui pemberitaan. Penelitian yang dilakukan adalah study analysis isi kuantitatif deskriptif dalam kecenderungan pemberitaan Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang pada koran harian Radar Malang dam Malang Post selama 1 Desember – 29 Februari 2016). Setelah mengetahui bagaimana kecenderungan pemberitaan di surat kabar yang ditemukan dari data hasil penelitian dengan cara kuantitatif kemudian peneliti akan menguraikan (memaparkan) hasil penelitian tersebut secara kualitatif untuk mendeskripsikan bagaimana citra Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang melalui pemberitaan yang ada. Mengkaitkan kecenderungan pemberitaan dengan aspek citra. Penelitian ini akan dilakukan tiga tahapan proses analisis data, yaitu pengkodingan, distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Hasil analisis tema dan makna yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dalam koran Radar Malang yang memuat berita Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang banyak mengandung berita positif pada tema Personality. Radar Malang banyak menunjukkan adanya karakteristik kampus mengenai kelebihan prestasi dan kerjasama yang dimiliki setiap perguruan tinggi yang menjadi objek penelitian. Sedangkan hasil analisis berita yang dimuat oleh Koran Malang Post menunjukkan mayoritas memuat berita yang mengandung tema reputasi. Reputasi yang dimaksud adalah berbagai macam persepsi publik mengenai perguruan tinggi sesuai karakteristik yang dimiliki masing-masing perguruan tinggi. Dari deskripsi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Perguruan Tinggi melakukan beberapa strategi komunikasi untuk menciptakan citra positif melalui media massa surat kabar (koran) untuk menarik konsumen memilih Perguruan Tinggi. Banyaknya berita yang dianalisis menunjukkan banyaknya persentase analisis kecenderungan makna isi dari pemberitaan paling tinggi adalah Favorable (positif).