Aktivitas Komunikasi Word of Mouth Pengunjung Dalam menyebarkan Brand Destinasi Wisata Edukasi Kampung Inggris Pare

Main Author: Nuresti, ElinFemila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122256/1/Jurnal_Penelitian.pdf
http://repository.ub.ac.id/122256/2/SKRIPSI_ELIN_FN.pdf
http://repository.ub.ac.id/122256/
Daftar Isi:
  • Word of Mouth merupakan bentuk komunikasi yang diakui sebagai sebuah teknik pemasaran yang kredibel dan ampuh karena konsumen mendapatkan informasi secara langsung dari orang lain yang pernah mencoba jasanya. Pada pra penelitian Peneliti telah menemukan fenomena intensitas WoM yang tinggi di Kampung Inggris Pare, dan hal tersebut menjadi hal yang menarik karena Kampung Inggris dapat tumbuh dan berkembang didukung dengan adanya intensitas komunikasi WoM. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas komunikasi Word of Mouth oleh pengunjung yang berlangsung pada destinasi wisata edukasi Penelitian ini menggunakan konsep yang dikemukakan oleh Sernovitz 2001 mengenai elemen yang terkait dalam Word of Mouth untuk dapat memetakan secara teoritis terkait kajian tentang aktivitas Word of Mouth. Pada penelitian ini , Peneliti menggunakan wawancara mendalam kepada empat informan yang memiliki pengalaman secara langsung dengan Kampung Inggris Pare. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Komunikasi word of mouth yang dilakukan oleh Pengunjung diawali dengan adanya pengalaman secara langsung dengan produk wisata yang ditawarkan oleh Kampung Inggris Pare, Pengunjung memanfaatkan media social untuk menyebarkan pesan mengenai Kampung Inggris, dan topik yang dibicarakan adalah seputar metode pembelajaran, suasana kampung inggris dan range harga yang murah. Kampung Inggris Pare memiliki track record yang positif terkait Word of Mouth yang berlangsung.