Implementasi Corporate Social Responsibility Di Indonesia (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Perusahaan Terbaik Di Indonesia Versi Majalah Fortune Tahun 2014)

Main Author: Rahayuningtyas, DorotheaTri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122209/1/6._BAB_2.pdf
http://repository.ub.ac.id/122209/2/7._BAB_3.pdf
http://repository.ub.ac.id/122209/2/5._BAB_1.pdf
http://repository.ub.ac.id/122209/3/9._BAB_5.pdf
http://repository.ub.ac.id/122209/4/8._BAB_4.pdf
http://repository.ub.ac.id/122209/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan CSR dan pelaku CSR di Indonesia. Berdasarkan pernyataan beberapa ahli, CSR merupakan gagasan yang penting tidak hanya dalam agenda perusahaan, namun juga menjadi perhatian yang besar bagi akademisi. CSR merupakan sebuah gagasan bahwa perusahaan tidak hanya mencari profit bagi shareholder saja namun juga harus bertanggung jawab kepada publik, yang dilakukan secara sukarela dengan komitmen berkelanjutan untuk bertindak etis pada kesejahteraan masyarakat sesuai operasi bisnis yang dilakukan perusahaan. CSR merupakan komponen yang penting dari dialog antara perusahaan dengan stakeholders, karena CSR akan berdampak pada perilaku stakeholder, selain itu juga CSR memberi banyak kentungan bagi perusahaan dalam jangka panjang. Namun meskipun sebagian peneliti dan professional setuju bahwa CSR diperlukan dalam bisnis, ada banyak varisi dalam memahami definisi CSR, penerapan CSR, dan oleh siapa CSR diterapkan, bahwa dalam implementasinya, setiap negara memiliki perbedaam dalam melaksanakan CSR. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara mendalam yang dilakukan terhadap empat informan yang merupakan praktisi CSR yang telah ditentukan melalui teknik purposive sampling. Dengan menggunakan pendekatan konstruktivis peneliti menggali data mengenai pengalaman-pengalaman informan dalam melakukan aktivitasnya, Melalui teknik analisis data Miles dan Hubberman peneliti melakukan analisis data kualitatif sebelum, saat, dan setelah melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah konsep CSR di Indonesia diartikan sebagai sebuah kewajiban karena adanya peraturan yang mengatur pelaksanaannya, penerapannya cenderung pada tanggung jawab filantropis dan lebih banyak dilakukan dengan memberikan donasi, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarkat, CSR di Indonesia dilaksanakan oleh public relations dan berperan sebagai fasilitator komunikasi dan teknisi komunikasi, publik eksternal merupakan sasaran pelaksanaan CSR di Indonesia.