Daftar Isi:
  • IMC (Integrated Marketing Communication) merupakan sebuah revolusi atau pengembangan dari komunikasi pemasaran. Konsep IMC lebih berfokus pada satu tujuan dengan menggunakan beberapa alat-alat promosi untuk memproduksi efek satu suara yang koheren yang bekerja secara sinergis untuk mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang merujuk pada evaluasi praktis yang bertujuan untuk mengevaluasi strategi IMC (Integrated Marketing Communication) yang dilakukan oleh PT. Indosat Kota Malang dalam merevitalisasi citra produk IM3 di tahun 2013-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Indosat mencapai tujuan merevitalisasi citra produknya dilakukan melalui beberapa evaluasi. Evaluasi yang pertama yakni perencanaan program, Indosat melakukan evaluasi dengan menggunakan analisis SWOT di setiap program yang akan dilaksanakan. Evaluasi yang kedua adalah ketepatan tujuan, dimana Indosat selalu memfokuskan tujuan pada setiap programnya yakni revitalisasi citra produk. Evaluasi yang ketiga yakni penggunaan media, Indosat menggunakan media yang bersentuhan langsung dengan konsumen serta memiliki hubungan yang dekat dengan konsumennya. Beberapa media yang digunakan antara lain advertising, sales promotion, personal selling, direct marketing, event marketing, dan sponsorship marketing. Evaluasi yang keempat yakni jenis pesan, Indosat menggunakan jenis pesan yang singkat namun memberikan efek yang tegas, yakni pada setiap kegiatan promosinya pesan yang ditonjolkan adalah pesan yang bertuliskan “IM3 itu Murah”. Evaluasi selanjutnya yakni jalinan hubungan dengan pihak stakeholder (outlet-outlet) yakni berupa space pada outlet yang dijadikan sebagai ruang untuk promosi oleh Indosat. Terakhir evaluasi yakni pada konsumen sebagai penerima pesan, konsumen menilai bahwa produk IM3 tetap konsisten memberikan tarif yang murah dan konsumen menilai sinyal IM3 semakin menunjukkan perbaikan dan semakin kuat. Simpulan dari penelitian ini yakni berdasarkan evaluasi yang sudah dilakukan, pihak Indosat berhasil merevitalisasi citra produk IM3 di tahun 2013-2015, hal ini dikarenakan gencarnya kegiatan promosi yang dilakukan pihak Indosat meskipun hanya dengan menggunakan beberapa media promosi. Selain itu, banyaknya hubungan yang terjalin oleh pihak Indosat dengan beberapa pihak lain sebagai bentuk kerjasama atau sponsorhip media sebagai jembatan keberhasilan mencapai revitalisasi citra produk IM3.