Strategi Gastrodiplomasi Pemerintah Jepang Pada Tahun 2007 Dalam Mempromosikan Restoran Sushi Di Luar Negeri

Main Author: Rachmadhani, RiskaVidhiya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122199/1/RISKA_V.R_%2811512040111034%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/122199/
Daftar Isi:
  • Pada tahun 2006 Kementrian Pertanian, Kehutanan dan Kelautan Jepang mulai memperkenalkan sistem sertifikasi restoran Jepang yang berguna untuk melakukan penyebaran masakan Jepang yang otentik dengan sertifikasi restoran di luar negeri, namun sayangnya pada tahun 2007 pemerintah mundur dari aksi sertifikasi ini dan mengubah nama sertifikasi menjadi program rekomendasi. Pemerintah menggandeng sebuah organisasi swasta untuk melanjutkan program rekomendasi ini. Organisasi ini bernama Organization to Promote Japanese Restaurant Abroad atau Japanese Restaurant Overseas (JRO). Organisasi ini didirikan sebagai strategi gastrodiplomasi pemerintah Jepang dalam mempromosikan restora sushi di luar negeri. Dalam website resmi JRO banyak sekali dijelaskan mengenai apa saja yang organisasi ini lakukan dalam rangka mempromoskan restoran sushi di luar negeri. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif untuk menggambarkan strategi gastrodiplomasi pemerintah Jepang dalam melakukan promosi restoran sushi di luar negeri.