Komunikasi Instruuksional Mentor pada Siswa dalam Speaking Class (Studi Kualitatif terhadap Mentor pada Kursus Bahasa Inggris Mr. Bob di Kampung Inggris Pare, Kediri)

Main Author: Maharani, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122190/1/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/122190/1/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/122190/2/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/122190/2/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/122190/3/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/122190/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebaruan konteks komunikasi instruksional pada pembelajaran di speaking class yang melibatkan perbedaan budaya antara mentor dan siswa sehingga mempengaruhi mentor dalam memberikan pembelajaran kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi komunikasi instruksional yang digunakan mentor kepada siswa dalam proses pembelajaran di speaking class. Peneliti menggunakan metode kualitataif, teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan dan wawancara guna mendapatkan informasi data penelitian yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Metode pembelajaran yang digunakan mentor dalam proses pembelajaran pada speaking class menawarkan sisi unik tersendiri yakni dilakukan melalui komunikasi interpersonal dengan setiap siswa. (2) Temuan dalam penelitian ini menggambarkan retorical approach dalam proses komunikasi instruksional. Dalam upaya mendekatkan diri dengan setiap siswa mentor membangun strategi immediacy yang berbeda berdasarkan rentang usia dan etnisitas. (3) Mentor menggunakan strategi akomodasi konvergensi kepada siswa dalam proses pembelajaran di speaking class yang berbasis komunikasi interpersonal. Strategi akomodasi yang dilakukan mentor berbeda antara siswa satu dengan yang lainnya, perbedaan tersebut didasarkan pada faktor rentang usia dan etnisitas yang ada pada mentor dan siswa.