Strategi Komunikasi Politik Dalam Pemenangan Pasangan Dewi Ratih-As’ad Anshari (DERAS) Pada Pemilu Walikota-Wakil Walikota Probolinggo Tahun 2013
Main Author: | Adinata, DevitaNayla |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122189/1/DEVITA_NAYLA_ADINATA.pdf http://repository.ub.ac.id/122189/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berupaya untuk menganalisa stategi komunikasi politik yang dilakukan oleh pasangan DERAS dan Tim Pemenangannya dalam pemenangan pilkada Kota Probolinggo Tahun 2013.Secara teoritik, penelitian ini menggunakan teori komunikasi Empati dan Homifili, Cultural Norms Theory (Teori Norma Budaya) dan Social Relationship seTheory (TeoriRelasiSosial). Sencara metodologis, peneitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif dengan Upaya komunikasi politik dilakukan oleh aktor politik dalam hal ini adalah tim Pemenangan DERAS yang telah dibagi wilayah kampanye komunikasi politiknya sesuai kelompk pemilih. Misalnya kelompok pelajar, perempuan, pengusaha dll. Kemudian pesan politiknya yang menyesuaikan dengan kondisi kelompok pemilih serta media kampanye yang dikontrak, merupakan media populer dengan berbagai segmen pembaca. Semisal: Radar Bromo, Kabar Pantura, Suksesi, Forum dan beberapa chennel radio lokal. Dengan harapan, mendapat feedback yang positif dari komunikan. Hasilpenelitianinimenunjukkan bahwa pasangan DERAS gagal dalam merebut kursi Cawali dan Cawawali Kota Probolinggo Tahun 2013.Penyebabnya adalah (1). masa sosialisasi membuat popularitas DERAS kalah dengan pertahana, (2). Komunikasi antar elite internal yang kurang baik, (3). Tidak maksimalnya kinerja konsultan politik dan (4) kurangnya intensitas evaluasi dan kontrol internal