Own Motion Investigation dalam Pengawasan Pelayanan Publik Oleh Ombudsman Republik Indonesia (Studi Kasus Pelayanan Perizinan Untuk Usaha Kecil dan Menengah Sektor Perdagangan, Hotel, dan Restoran di

Main Author: Akbar, Fadilah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122186/1/SKRIPSI_FIXED.pdf
http://repository.ub.ac.id/122186/
Daftar Isi:
  • Fokus penelitian ini pada own motion investigation yang dilakukan Ombudsman Republik Indonesia terhadap pelayanan perizinan untuk usaha kecil dan menengah sektor perdagangan, hotel, dan restoran di Kota Surabaya tahun 2014, yang bertujuan untuk mengetahui praktik nyata maladministrasi dalam pelayanan perizinan untuk usaha kecil dan menengah sektor perdagangan, hotel, dan restoran di Kota Surabaya berupa penerbitan SKDP, SIUP, TDP, IUTM, dan TDUP. Metode investigasinya berupa mirip dengan metode mystery shopping, yaitu investigasi tertutup yang menempatkan asisten Ombudsman Republik Indonesia sebagai pengguna pelayanan untuk mengamati proses pelayanan perizinan sesungguhnya di Kota Surabaya.Rumusan masalah penelitian ini yaitu; (1) Bagaimana proses pelaksanaan own motion investigationdalam pengawasan pelayanan publik oleh Ombudsman Republik Indonesia terhadap pelayanan perizinan usaha kecil dan menengah sektor perdagang, hotel, dan restoran di Kota Surabaya tahun 2014? (2) Apa faktor pendorong dan penghambat keberhasilan own motion investigation yang dilakukan terhadap pelayanan perizinan usaha kecil dan menengah sektor perdagang, hotel, dan restoran di Kota Surabaya tahun 2014? Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis data yang akan dikumpulkan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang dikumpulkan bersumber dari wawancara.Data sekunder yang dikumpulkan bersumber dari dokumen-dokumen terkait penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses own motion investigation yang dilakukan Ombudsman Republik Indonesia terhadap pelayanan perizinan untuk usaha kecil dan menengah sektor perdagangan, hotel, dan restoran di Kota Surabaya telah menemukan potensi-potensi maladministrasi dalam pelayanan perizinan tersebut. Meskipun dalam pelaksanaannya terdapat faktor penghambat, tetapi faktor pendorong yang ada telah mengalahkan penghambat-penghambat tersebut.