Konstruksi Pemberitaan Pasangan Calon Dewanti Rumpoko – Masrifah Hadi Pada Masa Kampanye Pilkada Kabupaten Malang Tahun 2015 Di Agropolitan Televisi (Atv)
Main Author: | Sarwono, OkkyArisandy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122161/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Konstruksi Pemberitaan Pasangan Calon Dewanti Rumpoko – Masrifah Hadi pada Masa Kampanye PILKADA Kabupaten Malang 2015 di Agropolitan Televisi”. Penelitian ini berfokus pada bagaimana Agropolitan Televisi (ATV) melakukan pembingkaian terhadap Dewanti Rumpoko – Masrifah Hadi yang ikut dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Malang 2015 dan bagaimana Agropolitan Televisi mengkonstruksi berita yang ditayangkan. Penelitian ini menarik karena salah satu calon bupati yang terdaftar adalah istri dari Walikota Batu, sementara Agropolitan Televisi adalah televisi lokal milik Pemerintah Kota Batu yang mendapatkan dana operasional dari APBD Kota Batu. Dengan demikian ada benang merah antara dua hal tersebut yang memungkinkan terjadi konstruksi pemberitaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori framing milik Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain; (1) Berita seputar Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Malang yang ditayangkan Agropolitan Televisi hanya berbicara tentang Dewanti Rumpoko dan dibingkai dengan melakukan penekanan pada pembentukan citra positif Dewanti Rumpoko. (2) Agropolitan Televisi mengkonstruksi berita yang ditayangkan dengan menugaskan salah seorang wartawan ATV untuk mengikuti dan meliput kegiatan kampanye Dewanti Rumpoko sesuai dengan instruksi dari Plt. Direktur ATV, Sinal Abidin, yang juga bertugas sebagai Kepala Bagian HUMAS Pemerintah Kota Batu.