Strategi Komunikasi Pemasaran Hijup Melalui Social Media (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram Hijup.Com)
Main Author: | Suriyani, Santi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122131/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan teknologi internet berbanding lurus pemanfaatanya di dunia pemasaran membuat kegiatan pemasaran saat ini masuk kedalam era new wave marketing. Saat ini kegiatan bisnis online menjamur di Indonesia dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran. Persaingan bisnis secara online lebih ketat jika dibandingkan dengan bisnis secara offline dan strategi komunikasi pemasaran (Marketing Mix Communication) merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan keberhasilan sebuah bisnis online. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi komunikasi yang diterapkan oleh salah satu toko busana muslim online HijUp.com di media sosial yang digunakan oleh HijUp.com yaitu instagram. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti berusaha untuk menggambarkan dan menganalisis secara spesifik data yang diperoleh sesuai dengan fokus yang ingin diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh HijUp.com di akun instagramnya ialah periklanan (adverstising), promosi penjulan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation) dan publisitas (publicity), penjualan langsung (direct merketing), dan berita mulut ke mulut (wom). Interaksi komunikasi pemasaran yang terjadi di Instagram HijUp.com berifat many to many dimana promosi mengenai produk HijUp.com disampaikan tidak hanya oleh akun HijUp saja melainkan juga akun konsumenya dan talent yang bekerja sama dengan HijUp.com.