Marketing Politik Pasangan Muhammad Anton-sutiaji Dalam Pemilihan Walikota Malang Tahun 2013
Main Author: | Nababan, Antoni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122119/ |
Daftar Isi:
- Peranan Marketing Politik dalam meyakinkan konstituen untuk memilih pemimpinnya sangat berpengaruh besar terhadap terpilih atau tidaknya calon yang bertarung dalam pemilihan kepala daerah. Penggunaan ilmu marketing dalam dunia politik telah banyak di gunakan pada Pemilihan Kepala Daerah. Peran dari marketing politik membuat para kandidat di seluruh pemilihan Kepala Daerah berlomba-lomba dalam mengkreasikan ilmu marketing politik sebagai kunci sukses dalam pemenanganya. Tidak terkecuali di pemilihan Kepala Daerah Kota Malang 2013 ini, dimana pasangan Anton-Sutiaji (AJI) berhasil menang. kemenangan pasangan Anton-Sutiaji tidak dapat dipisahkan dari strategi politik yang dirancang oleh tim suksesnya. P enelitian ini menarik diteliti karena untuk pertama kalinya etnis minoritas menjadi pemimpin di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa marketing politik yang telah dilakukannya dalam pemenangan pasangan Abah Anton dan Sutiaji, yaitu pembentukan figure dan program-program kampanye yang kompleks mecaukup dari penentuan produk politik, segmentasi pemilih. Dalam hal ini, peran marketing politik telah membantu pasangan AJI dalam memenangkan Pemilihan Walikota Malang 2013. Tidak terlepas dari adanya faktor pendukung dan penghambat di dalam perjalanannya.