Analisis Implementasi Layanan Pengaduan Dan Penanganan Pengaduan Berbasis Sistem Informasi Di Dki Jakarta (Studi Kasus Aplikasi Qlue)
Main Author: | Akbar, Iszmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 1900
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122117/ |
Daftar Isi:
- Pemerintah DKI Jakarta terus melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, salah satunya dengan cara mengikutsertakan partisipasi masyarakat melalui pengaduan. Diwadahi oleh Jakarta Smart City, DKI Jakarta saat ini memiliki sarana pengaduan masyarakat berbasis sistem informasi. Sarana pengaduan masyarakat tersebut bernama QLUE. QLUE diluncurkan oleh perusahaan swasta bernama PT. TerralogiQ. Dengan memanfaatkan teknologi dan sistem informasi e-government, QLUE merupakan sarana pengaduan yang mengadopsi sistem media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai implementasi layanan pengaduan dan penanganan pengaduan pada aplikasi QLUE ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa efek dari penerapan layanan pengaduan dan penanganan pengaduan pada aplikasi QLUE, diantaranya: partisipasi masyarakat dalam melakukan meningkat cukup drastis, adanya transparansi kinerja aparatur pemerintahan DKI Jakarta, serta aktifnya masyarakat mengadukan pelayanan pihak swasta di DKI Jakarta.