Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggambarkan mengenai konsep strategi kampanye partai politik, dengan menerapkan praktek marketing politik Partai Golkar, utamanya DPD Partai Golkar Kota Malang dalam upaya mempertahankan loyalitas pemilih. Loyalitas pemilih disini adalah dukungan anggota dari basis massa Partai Golkar semula dan dukungan pemilih baru dari masyarakat. Sistem multi-partai yang diterapkan di Indonesia menuntut partai-partai politik yang ada di Indonesia untuk saling bersaing ketat dengan berbagai cara yang dilakukan dalam persaian secara terbuka saat ini, baik itu partai-partai lama maupun partai-partai baru. Tidak terkecuali pula dengan Partai Golkar yang notabene merupakan partai yang cukup senior di Indonesia, dan cukup bersusah payah dalam perjalanannya untuk mempertahankan loyalitas dari pemilihnya di dunia perpolitikan Indonesia ini. Fokus dari penelitian ini adalah, upaya dan usaha yang dilakukan oleh DPD Partai Golkar Kota Malang yang ditujukan kepada masyarakat agar nantinya masyarakat mau untuk memberikan dukungannya menjelang Pemilu, ditinjau dari segi marketing politik yang menjadi landasan teoritis dalam penelitian ini. Metode yang dipakai dalam Skripsi ini adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan indepth interview (wawancara mendalam) dengan narasumber, observasi, dan studi-studi dokumentasi dari dokumen-dokumen dan arsip-arsip resmi dari instansi yang dijadikan tempat penelitian. Hasil penelitian menggambarkan bahwa upaya dan usaha melalui strategi kampanye yang dilakukan oleh Partai Golkar dalam hubungannya dengan penguatan external atau hubungan langsung dengan masyarakat, agar dapat mempertahankan loyalitas pemilih tetap terjaga, dan disesuaikan dengan terapan marketing politik (political marketing) yang dijabarkan dalam landasan teoritis. Namun, masih ada poin-poin yang perlu diperhatikan agar marketing politik ini dapat berjalan dengan lebih baik dan dapat mempertahankan loyalitas pemilih tetap terjaga.