Komunikasi Ibu Pada Anak Perempuannya Tentang Konsep Feminitas (Studi Fenomenologi Pada Ibu Yang Bekerja Di Kantor Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Malang)
Main Author: | Ardhamalia, Tania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122076/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang komunikasi antarpribadi ibu dengan anak perempuan usia remaja tentang konsep feminitas. Ibu memiliki peranan utama dalam memberikan pendidikan pada anak, terutama yang berkaitan dengan konsep diri yaitu identitas gender. Namun pada perkembangannya banyak ibu yang bekerja, sehingga waktu yang dicurahkan kepada anak akan semakin berkurang. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana komunikasi ibu tentang konsep feminitas pada anak perempuan. Karena melihat pengalaman ibu sebagai perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan menggunakan metode fenomenologi. Fenomenologi mencoba mengungkapkan makna dari pengalaman ibu. Penelitian ini berfokus pada pengalaman ibu terkait konsep feminitas yang diajarkan oleh ibunya dan kemudian bagaimana cara ibu menyampaikan konsep feminitas tersebut pada anaknya. Subyek penelitian ini adalah ibu yang bekerja di Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Malang yang memiliki anak usia remaja. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terjadi pemaknaan feminitas yang berbeda dari pengalaman ibu yang telah diajarkan terdahulu dengan bagaimana feminitas yang kemudian dipahami dan diajarkan kepada anaknya. Meskipun pandangan ibu tentang konsep feminitas sudah berkembang, namun tetap berusaha melestarikan sisi-sisi tradisional, seperti perempuan harus cantik dan tahu urusan rumah. Ibu dan anak perempuan membangun kedekatan hubungan salah satunya dengan melakukan rutinitas seperti traveling, jalan-jalan dan melakukan hobi bersama.