Peran Trait Kepribadian Openness Terhadap Persepsi Menjadi Korban Workplace Bullying Pada Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di Universitas X

Main Author: Ashari, AhmadNasruddin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122068/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran dari trait kepribadian openness terhadap persepsi menjadi korban workplace bullying. Responden dari penelitian ini adalah para tenaga pendidik dan kependidikan dari Universitas X. Total responden dalam penelitian ini berjumlah 216 orang. Teknik sampling data yang digunakan adalah cluster random sampling kemudian hasil dari teknik tersebut peneliti menggunakan quota sampling. Data diperoleh melalui dua alat ukur, yaitu skala Big Five Inventory (BFI) dan skala Negative Acts Questionnaire-Revised (NAQ-R). Reliabilitas dalam penelitian ini berdasarkan perhitungan cronbach alpha sebesar 0.83 pada skala BFI masuk dalam kategori reliabel dan 0.94 pada skala NAQ-R masuk dalam kategori sangat reliabel. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis regresi linear sederhana dan didapatkan hasil bahwa terdapat peran trait kepribadian openness terhadap persepsi menjadi korban workplace bullying pada tenaga pendidik dan kependidikan di Universitas X dengan nilai signifikansi p=0.000 (p<0.05). Dapat diketahui nilai R2 adalah 0,024 yang artinya adalah openness memiliki peran sebesar 2,4% terhadap persepsi menjadi korban workplace bullying.