Peran Kepribadian Conscientiousness Dan Sikap Terhadap Traffic Announcer Point System Dalam Menjelaskan Intensi Safety Riding

Main Author: Hadiwijaya, HenryYuli
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/122039/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kepribadian conscientiousness dan sikap terhadap trafiic announcer point system (TAPS) dalam menjelaskan intensi safety riding. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif kolerasional dengan sikap terhadap TAPS sebagai mediator. Sampel dalam penelitian ini adalah mahaiswa Universitas Brawijaya sebanyak 129 mahasiswa terdiri dari Manajemen, Psikologi, Teknik Informatika, Teknik Elektro. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik mediasi sederhana milik Andrew F. Hayes 2013. Hasil penelitian menemukan bahwa direct effect (b=0,340; p=0,001) menjadi signifikan setelah memasukan efek mediasi atau indirect effect (b=0,252; p=0,001) dengan nilai koefisien c’ menjadi turun b = 0,252 (c’<c) dan nilai p=0,001. Hal ini mengindikasikan bahwa sikap terhadap TAPS menjadi mediator sebagian peran kepribadian conscientiousness terhadap intensi safety riding. Artinya masih ada kemungkinan variabel lain yang dapat memediatori kedua variabel tersebut.