Peran Trait Kepribadian Conscientiousness Terhadap Persepsi Menjadi Korban Workplace Bullying Pada Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di Universitas X
Main Author: | Claudianty, GranditaSatira |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122026/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peran trait kepribadian conscientiousness (C) terhadap persepsi menjadi korban workplace bullying pada tenaga pendidik dan kependidikan di Universitas X. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 216 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Big-Five Inventory (BFI) yang telah diadaptasi oleh Ramdhani (2012) dan skala Negative Acts Questionnaire-Revised (NAQ-R) yang telah diadaptasi oleh Kharisna (2014). Dengan menggunakan uji hipotesis analisis regresi linier sederhana, didapatkan hasil bahwa trait kepribadian conscientiousness berperan negatif terhadap persepsi menjadi korban workplace bullying. Hasil ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat trait kepribadian conscientiousness pada tenaga pendidik dan kependidikan di Universitas X, maka semakin menurun persepsinya menjadi korban workplace bullying.