Implementasi E-Performance Dalam Rangka Mewujudkan Reformasi Birokrasi (Studi Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Dan Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Surabaya)
Main Author: | Fakhrozi, DhimasDwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/122022/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi e-Performance di Pemerintah Kota Surabaya khususnya di Dinas Komunikasi dan Informatika serta di Dinas Pendidikan dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi karena Dinas Komunikasi dan Informatika memiliki nilai rata-rata tertinggi dan Dinas Pendidikan memiliki nilai terendah serta untuk mengetahui apa latar belakang di implementasikannya e-Performance ini. Peneliti menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif serta menggunakan teknik penyajian deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan cara pengamatan ke lapangan, wawancara dengan narasumber, studi dokumentasi dan kepustakaan. Peneliti menggunakan metode purposive sampling dalam pemilihan informan. Untuk memeriksa keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber hingga terjadi kejenuhan data. Dari hasil penelitian menunjukan implementasi e-Performance khususnya di Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Pendidikan telah berjalan efektif dilihat dari prinsip good governance yang memiliki kriteria partisipatif, memiliki aturan hukum, berkeadilan, akuntabilitas, mempunyai visi strategis dan dilihat dari prinsip reformasi birokrasi yaitu peningkatan kualitas layanan publik, akuntabilitas kerja, profesionalisme, bebas KKN. E-Performance telah memberikan dampak peningkatan motivasi kerja pegawai, ini tentu membantu dalam terwujudnya reformasi birokrasi di Pemerintah Kota Surabaya khususnya di kedua dinas yaitu Dinas Komunikasi dan Informatika serta di Dinas Pendidikan. Sistem e-Performance tidak terlepas dari kelemahan yaitu perlunya penyesuaian indikator kinerja, permasalahan teknis, serta perlunya mempermudah sistem dalam mengisi aktivitas kerja.