Gambaran Bentuk-Bentuk Perilaku Sosial Pada Anak Usia Dini Di Tk Sriwedari Malang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menjelaskan gambaran bentuk-bentuk pola perilaku sosial yang dilakukan anak ketika sedang melakukan kegiatan maupun aktivitas yang berlangsung di dalam kelas pada saat terjadinya proses belajar dan bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari empat subjek yaitu subjek primer ialah dua anak usia dini dan guru dua subjek sebagai subjek sekunder. Sumber penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi (Moelong, 2011). Pengambilan data penelitian menggunakan teknik Porposive sampling. Teknik analisi data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data (Miles & Huberman, 2010). Hasil penelitian adalah kedua subjek M dan T memiliki perbedaan dalam berperilaku sosial saat berinteraksi sosial dan melakukan kegiatan bersama-sama pada saat belajar maupun bermain, dilihat dari perilaku kerja sama, persaingan, kemurahan hati, simpati, empati, kasih sayang, meniru dan kelekatan.