Pengaruh Tahap Perkembanganrelationship Marketing Terhadap Pembelian (Studi Eksplanatif Pada Pelanggan Sales Pt Tirtakencana Tatawarna)

Main Author: Alvianatan, Elanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121962/1/PENGARUH_TAHAP_PERKEMBANGAN_RELATIONSHIP_MARKETING_TERHADAP_PEMBELIAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/121962/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami tahapan hubungan pelanggan atau toko. Rumusan masalah penelitian adalah apakah tahap perkembangan relationship marketing bergerak secara linear yang dimulai dari tahap kesadaran, eksplorasi, pertumbuhan, dan komitmen hingga berpengaruh terhadap pembelian?.Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2014 di Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yakni toko bahan bangunan sebagai mitra kerja dari PT Tirtakencana Tatawarna. Analisis data menggunakananalisis regresi dan analisis model persamaan struktural (SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian tentang tahap perkembangan hubungan juga berlaku didalam pemasaran. Tahap perkembangan hubungan bergerak secara linear mulai dari kesadaran, eksplorasi, pertumbuhan, dan komitmen hingga berpengaruh terhadap pembelian. Secara khusus penelitian hubungan antara sales dan pemilik toko menguatkan aspek teori penetrasi sosial, dimana tahap perkembangan hubungan di dalam pemasaran sama dengan tahap menjalin hubungan yang bergerak secara linear di dalam penetrasi sosial.