Penalaran Moral Remaja Mantan Pengguna Obat Double L (Studi Kasus Pada Siswa SMP di Sekolah berbasis Agama)

Main Author: Valentine, FebrinSarshia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121958/1/Penalaran_Moral_Remaja_Mantan_Pengguna_Obat_Double_L_%28Studi_Kasus_Pada_Siswa_SMP_di_Sekolah_Berba.pdf
http://repository.ub.ac.id/121958/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penalaran moral remaja yang pernah mengalami kasus penyalahgunaan obat, yaitu obat double L. Konsep penalaran moral yang dipakai dalam penelitian ini mengacu pada penalaran moral yang dikembangkan oleh Kohlberg melalui dilema moral dengan model pendekatan studi kasus yang mengambil dua orang subjek yang masih menempuh pendidikan di sekolah berbasis agama. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua subjek telah memasuki masa transisi pada tahap penalaran moral kelima (post conventional morality), yaitu kontrak moralitas, hak-hak individual, dan hukum yang secara demokratis diterima. Akan tetapi, dalam kasus yang dialaminya, subjek 1 hanya memasuki tahap penalaran moral keempat, sedangkan subjek 2 hanya memasuki tahap penalaran moral ketiga. Perbedaan tahap penalaran moral tersebut juga dapat ditinjau melalui beberapa faktor-faktor yang memengaruhi penalaran moral kedua subjek, yaitu pendidikan agama di sekolah, lingkungan di rumah dan di luar rumah, serta prinsip/motto pendidikan di sekolah.