Daftar Isi:
  • Strategi pemasaran perusahaan, khususnya strategi komunikasi merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan oleh sebuah perusahaan untuk dapat meningkatkan penjualan. Di Blitar, pandangan terhadap kebutuhan asuransi masih sangat minim. PT AXA Finansial Indonesia Cabang Pembantu Pemasaran Blitar melakukan teknik personal selling dalam proses komunikasi pemasaran produk asuransi sebagai promosi penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai penerapan metode personal selling oleh agen sebagai strategi pemasaran produk asuransi PT AXA Finansial Indonesia Cabang Pembantu Blitar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan menggunakan wawancara kepada agen PT AXA Finansial Indonesia Cabang Pembantu Pemasaran Blitar sebagai pelaku personal selling. Penelitian ini berfokus pada empat teknik yang terdapat dalam proses personal selling yaitu pendekatan, presentasi, mengatasi keberatan dan menutup penjualan. Teknik pengumpulan informan menggunakan sampel bertujuan, sedangkan uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Dari hasil penelitian di lapangan, diketahui bahwa KLOP (keluarga, lingkungan, organisasi, pribadi) merupakan teknik pendekatan dalam personal selling yang ideal untuk menentukan calon nasabah. Penyampaian informasi mengenai produk dengan gaya bahasa yang fleksibel (formal/tidak formal) adalah cara yang digunakan agen dalam melakukan presentasi. Keramahan sebagai gaya personal selling diterapkan agen dalam mengevaluasi, mengklarifikasi dan mengatasi keberatan pembelian dan dalam melakukan proses penutupan penjualan, agen PT. AXA Finansial Indonesia Cabang Pembantu Blitar meninjau kembali atas apa yang telah disepakati oleh nasabah untuk meminimalisir kesalahpahaman.