Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pelaksanaan program e-government melalui komunikasi new media website dan blog sebagai upaya peningkatan citra Pemerintah Kabupaten Lamongan. Pada strategi pelaksanaan program e-government ini, peneliti mengaitkan dengan strategi public relations yang dilakukan oleh Humas dan KPDE melalui empat proses public relations menurut Cutip, Center & Broom. Empat proses tersebut yaitu analisis situasi, strategi, implementasi dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Sementara itu, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan filling system yakni dengan mengkategorikan masing-masing data sesuai dengan fokus penelitian. Keabsahan data yang menunjukkan validitas data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data terdapat perbedaan strategi pelaksanaan e-government website dan blog. Pada pelaksanaannya, KPDE dan Humas lebih berfokus kepada website. Strategi yang dilakukan oleh KPDE dan Humas dalam memberikan informasi layanan publik, program, kebijakan, dan juga kegiatan pemerintah serta fasilitas komunikasi dua arah mendapat tanggapan yang baik dari masyarakat. Empat proses public relations secara umum telah diterapkan dengan baik oleh KPDE dan Humas dalam pelaksanaan e-government sesuai dengan tupoksi dan kewenangannya. Semakin terencana program e-government maka semakin baik hasilnya, secara keseluruhan pelaksanaan website dan blog dapat meningkatkan citra positif pemerintah kabupaten Lamongan.