Pemanfaatan new media dalam komunikasi pemasaran PT Semen Indonesia melalui internet
Main Author: | Retmoko, OctabianSandy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121948/1/BAB_V.pdf http://repository.ub.ac.id/121948/2/Lampiran.pdf http://repository.ub.ac.id/121948/2/COVER.pdf http://repository.ub.ac.id/121948/3/BAB_I.pdf http://repository.ub.ac.id/121948/4/BAB_II.pdf http://repository.ub.ac.id/121948/5/BAB_III.pdf http://repository.ub.ac.id/121948/6/BAB_IV.pdf http://repository.ub.ac.id/121948/ |
Daftar Isi:
- Pemanfaatan internet marketing semakin mendesak di masa kini ketika konsumen seringkali memanfaatkan internet sebagai bahan untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai produk atau jasa, atau sekadar bernavigasi untuk mendapatkan informasi dan pengalaman baru. Melalui pemasaran internet, konsumen bisa membangun hubungan yang dekat dengan konsumen atau calon konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pemanfaatan new media dalam komunikasi pemasaran PT Semen Indonesia melalui internet. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, karena untuk mendapatkan pemahaman terhadap pemanfaatan new media dalam komunikasi pemasaran PT Semen Indonesia (Produk Semen Gresik) melalui internet. Fokus dari penelitian ini adalah difokuskan pada komunikasi pemasaran dengan menggunakan internet yang mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi komunikasi pemasaran melalui internet. Data diambil melalui teknik purposive sampling, melalui teknik tersebut terpilihlah informan penelitian yaitu Staf bagian Website dan Media Sosial, Kasi Komunikasi Pemasaran dan Staf Media Elektronik Sponsorsif dan Branding. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data oleh Miles dan Huberman. Untuk memastikan etika penelitian, nama informan tidak dicantumkan dengan nama yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan komunikasi pemasaran PT Semen Indonesia melalui internet dengan terlebih dahulu menganalisis situasi, dalam hal ini menentukan tujuan-tujuan pemasaran yang akan dicapai dengan menggunakan analisis swot. Pelaksanaan komunikasi pemasaran PT Semen Indonesia melalui internet adalah dengan menggunakan twitter, facebook, website Semen Indonesia yang dapat lihat pada alamat Idea Online, tabloidrumah.com, buildingindonesia.co.id. Evaluasi komunikasi pemasaran PT Semen Indonesia melalui internet masih belum optimal dikarenakan banyak faktor kendala seperti keterbatasan operator untuk mengelola konten yang ada. Keterbatasan kuota internet yang disediakan perusahaan pada seksi komunikasi pemasaran dan belum ada respon positif/ dukungan dari pihak atasan.