Analisis Komentar Audience Terhadap Berita Cnn Pada Halaman Cnn Di Media Sosial Facebook

Main Author: Subroto, CarreraRinusRob
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121931/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini secara garis besar mendiskusikan mengenai bagaimana pandangan atau opini audience terhadap berita ISIS yang dipublikasikan oleh CNN melalui halaman CNN di media sosial Facebook. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan komentar audience yang muncul di kolom komentar berita ISIS yang dikaji, serta mendeskripsikan kategori komentar yang mendominiasi pemberitaan tentang ISIS pada halaman CNN di media sosial Facebook. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan analisis isi sebagai metode untuk mengkaji dan menganalisa fenomena pandangan serta opini audience terhadap ISIS berdasarkan berita ISIS yang dipublikasi CNN. Dasar teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori audience reception dengan menggunakan model komunikasi encoding dan decoding yang dikemukakan oleh Stuart Hall, Teori audience reception merupakan teori yang menjelaskan bahwa audience memiliki pandangan yang berbeda satu sama lain dalam menerjemahkan makna yang tedapat pada teks media, wacana atau konten komunikasi di media massa lainnya. Pandangan audience dalam menerjemahkan pesan dibagi menjadi 3 kategori prefered reading diantaranya dominated-hegemonic position, negotiated position, oppositional view. Hasil dari analisis isi terhadap komentar audience terhadap berita ISIS berjudul “ ISIS Captor cared little about religion, says former hostage” menunjukkan bahwa : (1) Dari 411 komentar yang dikaji hanya terdapat 350 komentar yang terkait dengan berita dan 61 komentar lainnya tidak terkait dengan berita sama sekali. Dari total 350 komentar yang terkait terhadap berita terdapat 120 komentar masuk ke dalam kategori dominated-hegemonic position dengan kecenderungan isi komentar membenarkan isi berita, kemudian 123 komentar masuk ke dalam kelompok negotiated position dengan kecenderungan isi komentar membandingkan realitas sosial pribadi audience itu sendiri terhadap pesan dari berita mengenai ISIS, serta 107 komentar masuk ke dalam oppositional view dengan kecenderungan isi komentar memandang ISIS sebagai organisasi buatan Amerika Serikat, Israel, atau pihak lainnya. (2) Kategori negotiated position merupakan kategori yang dominan dibandingkan dengan kategori lainnya, kategori negotiated position memiliki tingkat frekuensi 123 komentar dari 411 komentar. Hal ini dapat diartikan bahwa komentar yang masuk ke dalam kategori negotiated position mewakili 30% dari total keseluruhan komentar.