Peran Kematangan Emosi Terhadap Aggressive Driving Behavior Pada Siswa Sma Brawijaya Smart School (Bss) Malang Yang Menggunakan Sepeda Motor

Main Author: Setianingsih, PutuEka
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121926/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kematangan emosi terhadap aggressive driving behavior pada siswa SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang yang menggunakan sepeda motor. Metodologi penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif dan dilaksanakan di SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang. Jumlah sampel sebanyak 150 orang terdiri dari siswa kelas X dan XI. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang terdiri dari skala kematangan emosi dan skala aggressive driving behavior dan telah di uji coba terlebih dahulu. Metode analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan subyek memiliki kematangan emosi yang tergolong tinggi, sedangkan aggressive driving behavior termasuk ke dalam kategorisasi rendah. Hasil analisis data menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,005 ) yang berarti bahwa hipotesis diterima dan artinya terdapat peran dari kematangan emosi terhadap aggressive driving behavior pada siswa SMA Brawijaya Smart School (BSS) Malang yang menggunakan sepeda motor