Partisipasi Indonesia Dalam Internationale Tourismus-Börse (Itb) Berlin 2013 Sebagai Diplomasi Publik Indonesia Dalam Meningkatkan Citraindonesia Sebagai Negara Yang Aman
Main Author: | Fitri, Annisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121920/ |
Daftar Isi:
- ITB (Internationale Tourismus-BOrse) merupakan pameran pariwisata terbesar di dunia, menjadi poros utama dunia pariwisata dunia dan pengunjung dan pesertanya berasal dari hampir seluruh dunia. Pada tahun 2013, Indonesia mendapat kesempatan untuk menjadi Official Partner Country atau negara mitra utama dimana dengan menjadi negara mitra utama, Indonesia berkesempatan untuk mendapatakan porsi paling besar dalam memamerkan hal-hal yang menarik dari Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi alam, budaya dan masyarakat yang sangat potensial untuk menjadi negara destinasi pariwisata yang favorit, namun hingga saat ini posisi tawar Indonesia masih lemah, terlebih lagi akibat peristiwa Born Bali I dan II yang menelan banyak korban wisatawan asing hingga menyebabkan isu ketidak amanan di Indonesia. Dengan menjadi mitra utama pada ITB Berli 2013 ini, Indonesia berusaha untuk meningkatkan citra negara Indonesia menjadi negara yang aman. Oleh karena itu tulisan ini ingin mengetahui bagaimana strategi yang dilakuakan Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan citra Indonesia sebagai negara yang aman. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah pengetahuan dan pengembangan ilmu hubungan internasional, khususnya mengenai strategi yang dilakukan pemerintah Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Hasil dari penenlitian ini diketahui bahwa strategi yang dilakukan Pemerintah Indonesia menggunakan strategic communication dengan menggunakan materi kampanye publikasi dengan mekakukan kampanye domestik maupun internasional dengan sarana media cetak maupun interne.