Pemaknaan Konsumen Pengguna Produk Apple Sebagai Cultbrand (Studi Pada Konsumen Pengguna Apple Di Malang)

Main Author: Herdianto, Novan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121901/
Daftar Isi:
  • Cult branding adalah situasi di mana konsumen bukan lagi sekedar mengetahui akan adanya brand tersebut, bukan juga sekedar mau memilih, tapi lebih jauh lagi konsumen mulai memuja brand ini. Cult branding membuat para konsumen setia menempatkan dirinya dalam hubungan yang sangat personal dengan brand nya. Cult branding suatu produk merupakan penelitian yang cukup penting dan nantinya akan menambah wawasan penulis maupun yang membaca penelitian ini, dikarenakan akan diketahui apa saja yang melatar belakangi konsumen untuk tetap setia kepada produk kepercayaannya dan bisa juga dimanfaatkan untuk menambah wawasan bagi yang ingin berwirausaha atau bagian penjualan suatu perusahaan supaya bisa menjangkau dan menggenggam konsumennya supaya tetap setia kepada produk. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji bagaimana konsumen memandang Apple sebagai Cultbrand. Penelitian deskriptif kualitatif serta pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, penelitian ini ingin mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat tentang fakta-fakta brand apple sebagai cultbrand terkait pemasaran dan pemaknaan konsumen. Hasil penelitian ini menyebutkan, konsumsn Apple bukan hanya tertarik dengan fiturnya tetapi karena adanya prestige ketika memakai produk Apple di mata orang lain. Pengguna produk Apple adalah konsumen yang cerdas dan tahu akan kebutuhannya. Konsumen Apple biasanya mengunakan produk Apple bukan hanya untuk lifestyle tetapi mereka juga menyukai karena desain yang bagus dan fitur-fitur di dalamnya memiliki keunikan tersendiri yang tidak didapatkan dalam produk lain. Biasanya menggunakan produk Apple karena mereka ingin mengikuti trend dan tidak ketinggalan jaman. Apple juga memiki kelemahan maupun kelebihan dari produk-produknya, namun meskipun masih ada kelemahan dari produk Apple, antusias masyarakat tidak pernah surut dan menurun untuk menggunakan Apple. Brand Apple sudah sangat populer, selain memiliki kualitas bagus membangun image juga penting dalam brand yang kuat. Apple telah membangun image dan menunjukkan value dari perusahaanya melalui produk-produk yang dibuat dan sistem distribusi serta semua aspek-aspek yang terintegrasi satu sama lain.