Penerapan Komunikasi Pemasaran Pada Peternak Kucing Ras Di Jawa Timur (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Penerapan Komunikasi Pemasaran Yang Dilakukan Oleh Imoet Cattery Dan Gatotkaca Cattery)
Main Author: | Erdian, NeninDias |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/121866/ |
Daftar Isi:
- Promosi adalah aktivitas komunikasi yang bertujuan untuk menyebarluaskan pesan kepada target khalayak agar mendapat respon yang diharapkan terhadap barang atau jasa yang dikomunikasikan. Oleh sebab itu promosi merupakan aktivitas yang wajib dilakukan oleh organisasi, perusahaan, industri maupun individu yang sedang mengembangkan bisnisnya. Dalam mengkomunikasikan sebuah produk diperlukan berbagai pertimbangan serta strategi komunikasi pemasaran yang baik agar respon yang didapatkan mengenai barang atau jasa yang dikomunikasikan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini juga berlaku untuk bisnis jual beli hewan peliharaan seperti kucing yang saat ini memiliki banyak peminat. Saat ini bisnis cattery sudah sangat berkembang seiring dengan banyaknya peminat kucing serta kemudahan akses dalam berinteraksi antara penjual dan pembeli. Untuk itu para cattery haruslah berlomba-lomba dalam mendesain strategi komunikasi pemasaran yang akan digunakan dalam memasarkan produknya. Penelitian ini mencoba menggali lebih dalam mengenai penerapan komunikasi pemasaran seperti apa yang digunakan oleh dua cattery besar di Jawa Timur termasuk pertimbangan apa saja yang digunakan oleh dua cattery tersebut dalam memilih media komunikasi pemasarannya. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi, peneliti menganalisis penerapan komunikasi pemasaran yang digunakan dua cattery tersebut dengan menggunakan kerangka konsep teori Integrated Marketing Communication. Hasilnya, kedua cattery tersebut menggunakan enam alat komunikasi pemasaran yaitu periklanan, sales promotion, personal selling, direct selling, publisitas dan pemasaran interaktif. Dari enam alat komunikasi pemasaran tersebut, pemasaran interaktif adalah alat yang penggunaannya paling dioptimalkan oleh kedua cattery karena media utama dalam pemasaran interaktif adalah internet di mana pemilik cattery mempunyai keleluasaan dan dapat sesering mungkin untuk berinteraksi dengan target marketnya. Media pemasaran interaktif yang paling sering digunakan oleh kedua cattery tersebut adalah media sosial facebook karena adanya beberapa fitur facebook yang tidak dimiliki oleh media internet lain seperti, karakter penulisan yang lebih panjang, serta dapat bergabung dengan forum ataupun grup sehingga pemilik cattery bisa mendesain pesan komunikasi yang sesuai dengan target market yang sudah tersedia.