Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kelompok referensi terhadap pengambilan keputusan memilih destinasi wisata. Populasi dalam penelitian ini adalah komunitas Couchsurfing. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 105 sampel, metode yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari dua skala yaitu skala kelompok referensi dan skala pengambilan keputusan. Skala tersebut dibuat penulis berdasarkan teori kelompok referensi dari Engel, Miniard, dan Blackwell serta teori pengambilan keputusan dari Maricic. Hasil dari analisis regresi sederhana yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dan persamaan regresi yaitu, Y =30,162+0,445x. Variabel kelompok referensi mempunyai nilai korelasi sebanyak 0,478. Koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh adalah sebesar 0,229. Hal ini berarti 22,9% pengambilan keputusan dipengaruhi oleh variabel kelompok referensi dan sisanya yaitu 77,1% dipengaruhi oleh variabel lain