Pengaruh Kredibilitas Sumber, Likability, dan Similarity Food Blogger dalam Social Media Instagram terhadap Purchasing Intention Tempat Kuliner di Malang

Main Author: Putri, DiniKartikaPurwanto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/121748/1/FILE_PDF_SKRIPSI.pdf
http://repository.ub.ac.id/121748/
Daftar Isi:
  • Teori Elaboration Likelihood Model (ELM) mendasarkan gagasannya saat berada di bawah kondisi yang berbeda, penerima pesan akan bervariasi dalam menggunakan elaborasi dari informasi yang relevan dalam isu persuasif (O’Keefe, 2002, h. 138). Penelitian ini menggunakan Elaboration Likelihood Model (ELM) sebagai landasan teori dan akan berfokus pada rute periferal. Rute periferal merupakan rute saat penerima pesan tidak berfokus pada isi materi pesan tetapi hal-hal lain yang membuat materi pesan menarik perhatian (Petty & Cacioppo dalam Kriyantono, 2014, h.307). Objek penelitian adalah akun instagram @Ammamamo milik Ammamilha Rosyaqotus Syaqufa, salah seorang food blogger asal Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan menggunakan kuesioner dan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Sebagai variabel independen yang termasuk dalam dimensi rute periferal adalah kredibilitas sumber (X1), likability (X2), dan similarity (X3). Analisis data menemukan bahwa secara parsial (Uji t) variabel kredibilitas sumber (X1) merupakan satu-satunya variabel yang memberikan pengaruh signifikan dibanding variabel lainnya terhadap purchasing intention tempat kuliner di Malang. Sehingga hal tersebut memenuhi hipotesis penelitian. Sedangkan untuk variabel likability (X2) dan similarity (X3) menolak hipotesis penelitian yang pada hasil penelitian menyatakan bahwa keduanya tidak memiliki pengaruh terhadap purchasing intention tempat kuliner di Malang. Pada hasil uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kredibilitas sumber (X1), likability (X2), dan similarity (X3) terhadap keinginan memilih tempat kuliner secara bersama-sama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam hasil penelitian ini memenuhi hipotesis penelitian bahwa terdapat pengaruh kredibilitas sumber, likability, dan similarity food blogger dalam social media instagram terhadap purchasing intention tempat kuliner di Malang.